Tidak selamanya KOPI merugikan kesehatan.

Monday, May 11, 2009

Peneliti AS mengatakan bahwa minum kopi baik untuk kesehatan,

Peneliti mengatakan secangkir kopi bisa melindungi terhadap diabetes, kanker hati, sirosis dan penyakit Parkinson's.

"Kopi dinilai sangat tidak sehat," kata Rob van Dam, seorang peneliti kopi dan epidemiologist di Harvard School of Public Health. "Sekarang kami memiliki pandangan yang lebih seimbang.

Terry Graham, Ketua Ilmu Kesehatan dan gizi di Universitas Guelph di Kanada mencatat bahwa kopi dan kafein merupakan bukan hal yang sama.

"Kopi adalah minuman yang kompleks dengan ratusan, bahkan ribuan, bioactive dari bahan," katanya. "secangkir kopi mengandung kafein 2 persen, 98 persen mengandung bahan-bahan yang lain."


Dari study yang dilakukan di seluruh dunia bahwa Kopi, baik reguler dan kopi bebas kafein, menurunkan resiko diabetes sebanyak 50 persen. Para peneliti mengatakan bahwa mungkin karena chlorogenic acid, salah satu dari sekian banyak bahan dalam kopi, memperlambat uptake gula dari intestines.

Seperti penyakit jantung dan stroke, sebuah studi yang diterbitkan pada bulan Maret di jurnal Sirkulasi tercatat lebih dari 83.000 wanita usia diatas 24 tahun. Penelitian menunjukkan bahwa mereka yang minum dua sampai tiga cangkir kopi sehari memiliki 19 persen lebih rendah risiko stroke dari orang-orang yang tidak pernah minum kopi.

Hasil akhir study mengatakan bahwa hal ini juga sama dengan orang laki-laki yang minum kopi.

Kesimpulannya, tidak selamanya kopi membawa akibat buruk terhadap manusia..

Selamat berkopi ria...

0 comments: