Janin Berisiko Mewarisi Sel Kanker Ibu

Tuesday, October 13, 2009

Para peneliti membuktikan adanya kemungkinan janin mewarisi sel kanker yang dimiliki oleh ibunya meski jumlah kasusnya sangat jarang. Padahal, menurut teori, sistem kekebalan tubuh seharusnya bisa mencegah sel kanker yang masuk ke jaringan peredaran darah janin melalui plasenta.

Situs BBC News, yang mengutip hasil studi tim peneliti Inggris dari National Academy of Sciences, Selasa (13/10), menyebutkan ada 17 kasus ibu dan anak yang menderita kanker yang sama (biasanya leukemia atau melanoma). Penelitian ini fokus pada seorang ibu dan anak yang menderita leukemia.

Para peneliti menggunakan teknik pemeriksaan sidik jari genetis untuk membuktikan sel-sel leukemia janin yang berasal dari ibunya. Hasilnya, sel leukemia keduanya sama-sama memiliki gen kanker yang telah bermutasi. Sistem kekebalan janin ternyata tidak memiliki kemampuan mengenali sel-sel kanker itu sebagai ”benda asing”. Akibatnya, ketika sel itu masuk, tidak ada perlawanan sama sekali.

Ketua tim peneliti, Profesor Mel Greaves, dari Institute of Cancer Research mengatakan, sel kanker bisa menyeberangi plasenta dengan leluasa ke janin karena tidak dianggap berbahaya oleh sistem kekebalan tubuh. ”Tetapi, kasus ini masih sangat jarang sehingga peluang pewarisan sel kanker ibu ke janin ini masih tipis,” ujarnya.

0 comments: